Minggu, 05 November 2017

Analisa Logo Global TV



Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.
GTV awalnya menggunakan logo "TVG" dengan tulisan "tv" warna hijau dan huruf "G" besar warna biru digunakan ketika masih merelai acara-acara MTV Indonesia, digunakan pada tanggal 1 Juni 2002 hingga 2006. Seiring makin banyaknya acara non-MTV yang tayang di GTV, termasuk acara Nickelodeon, logo "TVG" dipensiunkan dan diganti dengan logo yang terdiri dari huruf "G" yang memiliki perpaduan warna hijau, jingga, dan biru di atasnya dengan tulisan "GlobalTV" di bawahnya pada tanggal 13 Oktober 2006, bertepatan dengan acara "Fant4stik", yaitu perayaan Ulang Tahun Global TV ke-4. Agar lebih segar, Global TV mengganti logonya dengan bola tiga-dimensi biru dengan huruf "G" pada tanggal 1 Juli 2008, pada saat Euro 2008 berakhir.
Pada tanggal 11 Oktober 2017, Global TV mengganti nama dan logonya menjadi GTV, bertepatan dengan acara "Amazing 15", yaitu perayaan Ulang Tahun Global TV ke-15.
Berikut ini adalah perkembangan logo GTV (2002-sekarang):
1.      Logo pertama Global TV dengan akronim TVG (1 Juni 2002-13 Oktober 2006)  


2.      Logo kedua Global TV (13 Oktober 2006-1 Juli 2008)  

 
3.      Logo ketiga Global TV (1 Juli 2008-28 Maret 2012)


4.      Logo terakhir Global TV (29 Maret 2012-11 Oktober 2017). Logo ini masih tetap digunakan saat siaran lokal di luar Jabodetabek

5.      Logo GTV (11 Oktober 2017 – sekarang) 

Pada logo pertama
            Menurut saya pada logo pertama kali Global TV yaitu TVG, memang pada zamannya untuk logo tersebut merupakan logo yang bagus, menarik dan simple. Namun seiring majunya perkembangan zaman logo seperti itu terbilang terbelakang karna zaman sekarang banyak logo – logo dari perusahaan pesaing mempunyai bentuk logo yang modern tetapi tetap megusung kesan simple.
Pada logo kedua
            Disini sudah mulai terlihat Global TV mempunyai maskot sendiri untuk perusahaannya yaitu huruf “G” yang mempunyai bentuk agak lingkaran dengan bentuk yg smooth dan tidak terlihat aku pada ujung sisinya. Dengan mengusung warna orange, biru dan sedikit hijau menurut saya ini tidak sepadan dalam kolaborasi warnanya. Disini juga terdapat tulisan Global TV yang menandakan nama perusahaan tersebut. Jadi menurut saya dalam perubahan logo kedua ini perpaduan warna kurang cocok untuk dipasang pada maskot.
Pada logo ketiga
            Pada logo selanjutnya telah terbentuk logo maskot huruf “G” dengan bentuk yg smooth warna yang sesuai dan terlihat 3D. Menurut saya ini memang yang terbaik diantara semua perubahan logo yang terjadi namun terdapat kekurangan yaitu letak “globaltv” yang tidak sesuai dan penggunaan huruf kapital yang tidak sesuai juga disini. Untuk masalah warna tidak ada masalah mungkin perlu ditambahkan sedikit warna lain agar terlihat lebih berwarna.
Pada logo keempat
            Sangat disayangkan disini pemberian maskot Global TV tidak lagi terjadi. Pada kali ini maskot dihilangkan dan tidak terdapat dalam logo sama sekali. Disini hanya terdapat tulisan Global TV dengan tulisan yang tegak dan perpaduan warna  antara biru dan merah yang menurut saya tidak masalah karena terlihat simple dan menarik. Namun kekurangannya adalah pada penghapusan maskot dari Global TV sendiri.
Pada logo terakhir
            Menurut saya diantara semua ini yang merupakan terlihat paling menarik. Disini mengusung tema simple, elegan dan menarik. Perpaduan warna juga sudah terlihat di logo ini dan logo tidak terkesan sepi walaupun simple. Namun sangat disayangkan disini tidak terdapat maskot huruf “G” seperti biasanya. Huruf “G” disini juga menurut saya mirip sekali dengan logo “G” pada Google. Hanya saja berbeda warna sedikit dari Google. Disini juga terdapat semboyan “Pilihan Terbaik Keluarga Indonesia” yang menurut saya bagus karena membuat logo tersebut terlihat tidak sepi.
            Maka dari itu saya akan mencoba mendesain ulang bagaimana membuat logo global tv agar terlihat menarik, simple dan elegan menurut cara pandang saya sendiri.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar