Selasa, 21 Maret 2017

Perkembangan Website saat ini



World Wide Web atau biasa kita kenal sebagai www adalah sebuah ruang informasi yang dipakai oleh identifier global seperti URL. Www merupakan bagian daripada internet. Www merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang memiliki fungsi untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Dengan adanya media penyaji informasi yang dapat diperoleh dengan cepat dan aktual, maka masyarakat menjadi sangat membutuhkan informasi melalui media tersebut, dalam hal ini website.
            Website adalah sebuah halaman web yang berisi berbagai macam informasi. Halaman website (Web Page) adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML(Hyper Text Markup Language), dan dapat diakses melalui HTTP. Website generasi pertama yaitu Web 1.0, hal yang disajikan pada Web 1.0 ini masih bersifat statis dan informatif. Website generasi ke-2 yaitu Web 2.0 atau dikenal dengan web science, dalam web 2.0 ini pengguna dapat melakukan interaksi antar sesama pengguna misalnya blog pribadi, social media dan sebagainya. Saat ini website memasuki generasi ke-3 yaitu Web 3.0 atau bisa disebut sebagai Web semantic.
            Saat ini banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat website, diantaranya PHP, JavaScript, C#, HTML, CSS. Namun seiring berjalannya waktu teknologi web semakin modern. Website modern yang ada saat ini kebanyakan dibuat dengan berbagai macam framework.
   Framework layout web antara lain : 

  •         Bootstrap 
  •         jQuery 
  •       Angularjs (Yang paling terbaru saat ini)

   Framework backend web antara lain:
  •       Codeigniter 
  •        Laravel 
  •       YiiFramework 
  •        nodejs (Yang paling terbaru saat ini)
Semua bahasa pemrograman yang disebutkan diatas merupakan teknologi untuk membangun website yang ringan, cepat dan responsif yang banyak digunakan pada website modern saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar